Syarat dan Ketentuan

sooltanPay (selanjutnya disebut “sooltanPay” atau “kami” atau “Layanan”) merupakan platform digital berbasis aplikasi untuk UMKM Indonesia yang membawahi Divisi Digital Service Telkom Indonesia, seperti: Sakoo, Bonum, Qren. sooltanPay memiliki fitur utama QRIS, Payment Point Online Bank (PPOB), Pencatatan Transaksi dan Toko Online. sooltanPay berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, dengan alamat kantor di Menara Multimedia Jl. Kebon Sirih No. 12, Jakarta Pusat 10110 (selanjutnya disebut “TELKOM”).

Saat menggunakan Layanan sooltanPay , Pengguna (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna”) tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku, yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Semua pedoman, aturan, atau ketentuan (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi). sooltanPay juga dapat menawarkan Layanan lain yang diatur oleh ketentuan layanan ini atau yang berbeda.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.sooltanpay.id, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi (Ketentuan). Jika Pengguna tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Ketentuan yang telah ditetapkan, maka Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan.

DAFTAR POIN

  • Definisi

  • Akun atau Perilaku Pengguna

  • Penipuan dan Praktik Penipuan Lainnya

  • Keamanan, Privasi, dan Penggunaan Data Pengguna

  • Hak Kekayaan Intelektual

  • Produk

  • Layanan

  • Metode Pembayaran

  • Larangan dan Batasan Tanggung Jawab

  • Daftar Barang yang Dilarang untuk Dipasarkan melalui sooltanPay Toko

  • Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum

  • Kritik dan/atau Saran

  • Force Majure

  • Hukum yang Berlaku

  • Ketentuan Penutup

Definisi

Istilah yang dimuat dalam Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:

  • Akun atau Akun sooltanPay adalah akun yang telah didaftarkan oleh Pengguna pada situs www.sooltanpay.id.

  • Data Pribadi adalah setiap informasi tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi yang dengan karenanya seseorang yang dapat diidentifikasi tersebut menjadi teridentifikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun nonelektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomor handphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan orang tersebut.

  • Webstore adalah fitur toko online dari sooltanPay Toko yang menampilkan data produk Pengguna, di mana Pengguna menentukan nama untuk tokonya dengan domain yang disediakan sooltanPay. Layanan adalah fitur-fitur yang disediakan oleh sooltanPay berbasis aplikasi bagi Pengguna berupa Top Up & Tagihan, Pembayaran Digital, dan Produk Toko.

  • Layanan adalah fitur-fitur yang disediakan oleh sooltanPay berbasis aplikasi bagi Pengguna berupa Top Up & Tagihan, Pembayaran Digital, dan Produk Toko.

  • Pelanggan adalah list data konsumen yang melakukan transaksi pembelian di aplikasi sooltanPay maupun di toko Pemilik Toko baik secara online melalui aplikasi sooltanPay dan melalui marketplace yang sudah disinkronkan dengan sooltanPay oleh Pemilik Toko, maupun secara offline melalui Toko yang diinput ke sistem sooltanPay.

  • Pengguna adalah pengguna Layanan dan/ atau pengunjung aplikasi sooltanPay dan (juga) sudah melakukan registrasi di aplikasi sooltanPay.

  • Produk adalah barang berwujud atau memiliki fisik barang yang disediakan oleh Pengguna dan diunggah ke sooltanPay oleh Pengguna, yang dapat diantar atau memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang yang diunggah ke sooltanPay.

  • Qris adalah teknologi finansial (fin-tech) yang memberikan layanan pembayaran metode digital payment dengan scan QR Code.

  • Top Up & Tagihan adalah layanan tambahan dari sooltanPay yang memfasilitasi merchant untuk berjualan pulsa, token listrik, air, dan top-up e-wallet.

  • Pembayaran Digital adalah layanan tambahan dari sooltanPay yang memfasilitasi merchant untuk kelola transaksi penjualan.

Akun dan Perilaku Pengguna

  • Pengguna dengan membuat Akun menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum

  • Layanan sooltanPay pada dasarnya tidak ditujukan untuk digunakan oleh Pengguna di bawah umur, yaitu setiap orang yang belum mencapai batas usia dewasa atau usia cakap menurut yurisdiksi. Apabila Anda dibawah umur maka Anda harus meminta persetujuan orang tua atau wali tidak terbatas untuk tanggung jawab atas tindakan Anda.

  • Hanya Pengguna yang memiliki Akun sooltanPay yang dapat menggunakan Layanan sooltanPay.

  • Untuk membuat Akun sooltanPay, Pengguna akan diminta untuk memberikan beberapa informasi dan Data Pribadi. Sehubungan dengan pembuatan Akun sooltanPay dan penggunaan Layanan sooltanPay, Pengguna setuju untuk memberikan informasi dan Data Pribadi secara benar, jelas, akurat, dan lengkap kepada sooltanPay ketika diminta, sekurang-kurangnya berupa:

    • Nama Lengkap;

    • Email;

    • No. Telepon;

    • Alamat Toko;

    • Nama Toko;

    • Logo Toko;

    • Data rekening;

    • Data KTP;

    • Foto Toko;

  • Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan Akun dan password Akun Pengguna.

  • Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun, termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS atau whatsapp ke nomor telepon terdaftar Pengguna setiap kali ada percobaan log-in ke Akun Pengguna. sooltanPay atau karyawan sooltanPay tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Aplikasi sooltanPay ketika Anda masuk ke Akun sooltanPay milik Anda melalui Platform sooltanPay dengan menggunakan device Anda). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.

  • Apabila Pengguna memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka sooltanPay berhak menolak permohonan pembuatan Akun sooltanPay dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan sooltanPay yang diberikan kepada Pengguna.

  • sooltanPay berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun sooltanPay sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh pemegang Akun sooltanPay.

  • Pengguna bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan password Akun sooltanPay .

  • Pengguna menyetujui untuk segera memberitahukan sooltanPay mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan Akun sooltanPay atau password secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan Akun Pengguna secepat mungkin.

  • Kami boleh, namun tidak ada kewajiban untuk, membuang Konten Toko dan Akun yang mengandung unsur yang kita pikir ilegal, kasar, mengancam, fitnah, pencemaran nama baik, pornografi, cabul atau hal lainnya yang melanggar properti atau Persyaratan pihak tertentu.

  • Kekerasan tertulis maupun lisan terhadap pelanggan sooltanPay, karyawan sooltanPay, anggota, atau petugas akan menghasilkan pemberhentian akun secara langsung.

Penipuan dan Praktek Penipuan Lainnya

Pengguna tidak boleh mengakses dan menggunakan aplikasi dari akun Pengguna lain dengan tujuan untuk memperoleh dan berbagi informasi dengan maksud untuk menipu atau menyesatkan.

Keamanan, Privasi, dan Penggunaan Data Pengguna

  • Keamanan

    • Kami menjaga tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pengguna dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.

    • Kami berhak menolak aplikasi pendaftaran Pengguna dengan alasan yang jelas.

  • Privasi
    Kami memperlakukan Data Pengguna sesuai dengan persyaratan di sini dan Kebijakan Privasi kami.

  • Penggunaan Data Pribadi

    • Kami hanya akan menggunakan Data Pengguna untuk dapat menghubungi Pengguna sewaktu-waktu jika diperlukan serta untuk kepentingan peningkatan Layanan, penawaran, penyelesaian masalah teknis atau hal lainnya yang terkait dengan sooltanPay.

    • Kami tidak akan menggunakan Data Pengguna atau memperoleh informasi darinya untuk keperluan iklan atau tujuan komersial lainnya tanpa persetujuan Pengguna.

Hak Kekayaan Intelektual

Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan Layanan Soltaan ini adalah milik TELKOM yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Pengguna atau pihak manapun yang mengakses situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Pengguna tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Pengguna menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke sooltanPay dengan menghubungi kontak yang tersedia.

Produk

  • Produk yang diunggah ke dalam aplikasi sooltanPay bukan merupakan barang terlarang yang tercantum pada Bagian Daftar Barang yang Dilarang untuk Dipasarkan melalui sooltanPay.

  • Segala penyalahgunaan Produk, hak kekayaan intelektual, atau apapun yang terkait dengan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Pengguna merupakan tanggung jawab penuh dari Pengguna dan sooltanPay terlepas dari segala bentuk kewajiban apapun.

Layanan

  • Fitur yang ditawarkan oleh sooltanPay dapat berubah dan Pengguna dapat mengaksesnya sesuai dengan paket yang disepakati kedua belah pihak.

  • sooltanPay menyediakan berbagai fitur sesuai dengan spesifikasi umum sooltanPay, sehingga sooltanPay tidak menjamin bahwa fiturnya akan sangat sesuai dengan kebutuhan spesifik Pengguna.

  • sooltanPay selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi Penggunanya. Meskipun demikian, gangguan teknis seperti bugs tetap dapat terjadi. Untuk mengatasinya kami menyiapkan beberapa saluran komunikasi, di antaranya adalah;

    • Customer Care
      Whatsapp: 0822 32 100 100

Metode Pembayaran

  • Pengguna dapat melakukan pengisian dana Modal Usaha melalui beberapa metode yang disediakan pada aplikasi sooltanPay yaitu:

    • Saldo PPOB

    • Transfer

    • Virtual account

  • Dalam hal terjadi kendala atau kegagalan pembayaran yang disebabkan oleh kesalahan teknis, maka sooltanPay tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami oleh Pengguna.

Larangan dan Batasan Tanggung Jawab

  • Anda secara tegas memahami dan menyetujui bahwa sooltanPay tidak akan bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung, insidental, khusus, konsekuensial atau tipikal, termasuk kerusakan untuk kehilangan keuntungan, kehendak baik, penggunaan data atau kerugian tidak berwujud lainnya, yang dihasilkan dari penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Layanan sooltanPay. 

  • Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan data yang terkandung dalam sistem elektronik sooltanPay untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.

  • Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan menggunakan situs sooltanPay untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apapun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, “Sistem”).

  • Kegiatan yang dilarang termasuk mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.

  • sooltanPay dan TELKOM tidak bertanggungjawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik sooltanPay.

Daftar Barang yang Dilarang untuk Dipasarkan melalui sooltanPay

sooltanPay memiliki kebijakan khusus untuk tidak dapat mempublikasikan barang-barang di bawah ini di Akun atau Toko Pengguna :

Daftar Barang yang dilarang

  • Alat cetak pos

  • Alkohol

  • Artefak/ barang antik

  • Bagian/ Organ Manusia

  • Barang curian

  • Barang dengan label salah

  • Barang lain yang melanggar hukum Indonesia

  • Barang mistis

  • Barang yang berhubungan dengan kepolisian/ militer

  • Barang yang diembargo

  • Barang yang mengandung unsur SARA

  • Barang yang mudah meledak atau terbakar

  • Binatang peliharaan/liar

  • Buku, CD, DVD, software bajakan

  • Cetakan/ barang yang dapat mengganggu stabilitas nasional

  • Dokumen pemerintahan dan perjalanan

  • Dokumen resmi dan sertifikat

  • Gadget replika atau berasal dari BM

  • Ganja

  • Iklan

  • Jamur liar

  • Jasa, donasi, sewa, promo event

  • Kartu Kredit / Debit

  • Kontrak

  • Konverter katalis dan pipa uji

  • Kosmetika bekas

  • Mailing list / informasi pribadi

  • Makanan yang diklaim obat – obatan, makanan berbahaya

  • Mata uang

  • Memorabilia politik

  • Merk dagang

  • Mesin slot dan peralatan judi lainnya

  • Narkotika

  • Obat yang tidak terdaftar BPOM

  • Obat yang harus menggunakan resep dokter

  • Pembuka kunci dan perlengkapannya yang dapat menunjang perampokan/pencurian

  • Peralatan elektronik, komunikasi, pengacak dan pengintai nya

  • Perangko, materai, saham,  uang, mata uang palsu

  • Pestisida

  • Pornografi, sex toys dan barang lain yang sejenis

  • Produk susu non-pasteurisasi

  • Produk yang bukan produk asli dengan nama merek terdaftar, MLM

  • Rokok, produk tembakau, rokok elektronik

  • Senjata api, air soft gun dan sejenisnya beserta perlengkapannya

  • Tiket lotre

Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum

  • Pengguna setuju bahwa Pengguna memanfaatkan sooltanPay atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan sooltanPay diberikan kepada Pengguna pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.

  • Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

    • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan sooltanPay;

    • Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan sooltanPay;

    • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;

    • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;

    • Perselisihan antar Pengguna;

    • Pencemaran nama baik pihak lain;

    • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apapun mengatasnamakan TELKOM maupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;

    • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan sooltanPay; Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan sooltanPay;

    • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan sooltanPay;

    • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna;

    • Force Majeure.

Kritik dan/atau Saran

  • Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan sooltanPay, maka Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan dengan melampirkan fotokopi identitas Pengguna :

    • Secara tertulis melalui: marketing.sooltan@gmail.com dan 0822 32 100 100

    • Langsung ke alamat lengkap: Menara Multimedia lt. 14, Jl. Kebon Sirih No. 12, Jakarta Pusat 10110

  • Dalam hal adanya penambahan dan/atau pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan kemudian melalui website www.sooltanpay.id

  • sooltanPay akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data Pengguna yang tersimpan pada sistem sooltanPay. sooltanPay berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/ pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data yang tersimpan pada sistem SooltanPay.

  • sooltanPay akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Pengguna serta memberikan jawaban kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di sooltanPay setelah sooltanPay menerima keluhan/ pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.

Force Majeure

  • sooltanPay dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.

  • Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, sooltanPay dan TELKOM berkewajiban untuk  memberitahukan secara tertulis melalui email, website, dan/atau aplikasi kepada Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.

Penyelesaian Perselisihan

  • Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini secara musyawarah dan mufakat.

  • Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.

Hukum yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

Ketentuan Penutup

Anda mengakui dan menyetujui bahwa Kami dapat mengubah Ketentuan Layanan sooltanPay setiap saat dengan pemberitahuan terlebih dahulu, dengan menerbitkan Ketentuan Layanan sooltanPay yang diubah dan dinyatakan ulang di Situs sooltanPay, https:/sooltanpay.id/syarat-dan-ketentuan-sooltan/ dan perubahan tersebut berlaku sejak tanggal diterbitkan di Situs sooltanPay. Anda menyetujui Ketentuan Layanan sooltanPay beserta perubahannya dari waktu ke waktu. Jika Anda tidak menyetujui perubahan pada Ketentuan Layanan sooltanPay, Anda dapat menghentikan Layanan dengan ketentuan sebagaimana ditentukan dalam Kebijakan Privasi Bagian Penghapusan atau Pemusnahan.

Ketentuan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak sooltanPay pada tanggal 1 September 2021.