Syarat dan Ketentuan

sooltanPay merupakan aplikasi keuangan digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia yang memiliki fitur utama pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), top up dan tagihan Payment Point Online Banking (PPOB), dan pencatatan transaksi (selanjutnya disebut “sooltanPay” atau “kami” atau “Layanan”) yang dikelola PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, (selanjutnya disebut “TELKOM”).

Saat menggunakan Layanan sooltanPay, Pengguna (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna”) tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi) yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu.. sooltanPay juga dapat menawarkan Layanan lain yang diatur oleh Syarat dan Ketentuan ini atau ketentuan lain yang akan diinfokan terlebih dahulu kepada Pengguna.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan sooltanPay, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi. Jika Pengguna tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan yang telah ditetapkan, maka Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan.

A. Definisi

Istilah yang dimuat dalam Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:

  • Akun adalah akun yang telah didaftarkan oleh Pengguna pada situs www.sooltanpay.id maupun aplikasi sooltanPay yang diunduh melalui Google Playstore.

  • Data Pribadi adalah setiap informasi tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi yang dengan karenanya seseorang yang dapat diidentifikasi tersebut menjadi teridentifikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun nonelektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomor handphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan orang tersebut.

  • Data Toko adalah setiap informasi tentang nama, foto, dan alamat toko. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas sebagaimana disebutkan pada poin A.4.

  • Data Profil adalah data yang terdapat pada halaman profil bagi Pengguna.

  • Konsumen adalah daftar pembeli pada toko Pengguna yang melakukan transaksi di aplikasi sooltanPay.

  • Layanan adalah fitur-fitur yang disediakan oleh sooltanPay berbasis aplikasi bagi Pengguna berupa Pembayaran Digital, Top Up & Tagihan, dan Produk Toko.

  • Modal Usaha adalah saldo yang digunakan Pengguna untuk bertransaksi pada menu Top Up dan Tagihan

  • Pengguna adalah UMKM atau merchant yang sudah melakukan registrasi di aplikasi sooltanPay.

  • Person in Charge (PIC) adalah pemegang Akun dan penanggung jawab Toko Pengguna.

  • Produk adalah barang yang diunggah oleh Pengguna ke menu Produk Toko di aplikasi sooltanPay.

  • Produk Toko adalah fitur sooltanPay yang memfasilitasi Pengguna untuk dapat mengunggah produk agar selanjutnya dapat melakukan pencatatan transaksi penjualan yang disertai keluarnya bukti atau struk transaksi.

  • Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR code yang dapat dipindai dengan mudah dan cepat.

  • Upgrade Akun adalah fitur dimana Pengguna dapat melakukan verifikasi Data Pribadi dan Data Toko untuk mendapatkan QR code.

  • Saldo Pendapatan adalah saldo yang didapatkan oleh Pengguna dari hasil pembayaran yang dilakukan oleh Konsumen.

  • Top Up & Tagihan adalah layanan tambahan dari sooltanPay yang memfasilitasi Pengguna untuk berjualan pulsa, token listrik, air, top-up e-wallet dan membayar tagihan lainnya.

B. Akun dan Perilaku Pengguna

  • PIC dengan membuat Akun menyatakan bahwa PIC adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya mewakili Pengguna dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum

  • Hanya Pengguna yang memiliki Akun sooltanPay yang dapat menggunakan Layanan sooltanPay.

  • Untuk membuat Akun sooltanPay, Pengguna akan diminta dan setuju untuk menunjuk PIC memberikan informasi dan Data Pribadi secara benar, jelas, akurat, dan lengkap kepada sooltanPay ketika diminta, sekurang-kurangnya berupa:

    • Nama Lengkap PIC

    • No. Telepon PIC

    • Nomor dan data diri PIC sesuai KTP

    • Alamat Lengkap

    • No. Rekening sesuai dengan PIC 

    • Foto Toko dengan Produk Jualan 

    • Alamat Toko

  • PIC bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan Akun,  password dan PIN Akun Pengguna.

  • Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi Akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun, termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon terdaftar Pengguna setiap kali ada percobaan registrasi ke Akun Pengguna. sooltanPay termasuk karyawan sooltanPay tidak akan menanyakan password & PIN Pengguna (kecuali pada halaman di Aplikasi sooltanPay ketika Anda masuk ke Akun sooltanPay milik Anda melalui Aplikasi sooltanPay dengan menggunakan device Anda). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.

  • Apabila Pengguna memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka sooltanPay berhak menolak permohonan pembuatan Akun sooltanPay dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan sooltanPay yang diberikan kepada Pengguna.

  • sooltanPay berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun sooltanPay sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh pemegang Akun sooltanPay.

  • Pengguna bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan password dan pin Akun sooltanPay.

  • Pengguna menyetujui untuk segera memberitahukan sooltanPay mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan Akun sooltanPay atau password dan pin secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan Akun Pengguna secepat mungkin.

  • Kami berhak untuk, membuang Produk dan Akun yang mengandung unsur ilegal, kasar, mengancam, fitnah, pencemaran nama baik, pornografi, cabul atau hal lainnya yang melanggar properti pihak tertentu.

  • Kekerasan tertulis maupun lisan yang dilakukan terhadap sesama PenggunasooltanPay dan/atau karyawan sooltanPay dapat menyebabkan pemberhentian Akun secara langsung.

C. Penipuan dan Praktek Penipuan Lainnya

Pengguna tidak boleh mengakses dan menggunakan aplikasi dari Akun Pengguna lain dengan tujuan untuk memperoleh dan berbagi informasi dengan maksud untuk menipu, menyesatkan dan/atau merugihan pihak lain.

D. Keamanan, Privasi, dan Penggunaan Data Pengguna

  • Keamanan

    • Kami menjaga tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pengguna dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.

    • Kami berhak menolak aplikasi pendaftaran Anda sebagai Pengguna dengan alasan yang jelas.

  • Privasi
    Kami memperlakukan Data Pengguna sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi kami.

  • Penggunaan Data Pribadi

    • Kami hanya akan menggunakan Data Pengguna untuk dapat menghubungi Pengguna sewaktu-waktu jika diperlukan serta untuk kepentingan peningkatan Layanan, penawaran, penyelesaian masalah teknis atau hal lainnya yang terkait dengan sooltanPay.

    • Kami tidak akan menggunakan Data Pengguna atau memperoleh informasi darinya untuk keperluan iklan atau tujuan komersial lainnya tanpa persetujuan Pengguna.

E. Hak Kekayaan Intelektual

Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan Layanan sooltanPay ini adalah milik TELKOM yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Pengguna atau pihak manapun yang mengakses situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Pengguna tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Pengguna menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke sooltanPay dengan menghubungi kontak yang tersedia.

F. Produk

  • Produk yang diunggah ke dalam aplikasi sooltanPay bukan merupakan barang terlarang yang tercantum dan dijelaskan pada poin J.3 Syarat dan Ketentuan ini.

  • Segala penyalahgunaan Produk, Hak Kekayaan Intelektual, atau apapun yang terkait dengan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Pengguna merupakan tanggung jawab penuh dari Pengguna dan sooltanPay terlepas dari segala bentuk kewajiban apapun.

G. Modal Usaha

  • Modal Usaha yang telah diisikan oleh Pengguna harus dipergunakan sepenuhnya dan tidak dapat ditarik ke rekening Pengguna.

  • Apabila saldo Modal Usaha tidak mencukupi maka kekurangan saldo dapat dipenuhi dari Saldo Pendapatan.

  • Pengguna dapat melakukan pengisian dana Modal Usaha melalui beberapa metode yang disediakan pada aplikasi sooltanPay, yaitu:

    • Virtual account (Bri, Mandiri, CIMB Niaga, Maybank)

    • Transfer Bank via Finpay (Mandiri, BCA, BTN, OCBC Niaga,Danamon, Maybank)

    • Gerai Retail via Finpay (Alfamart, Yomart, Yogya Group, POS Indonesia, Pegadaian)

  • Limit pengisian Modal Usaha terdiri atas 2 (dua) kategori, yaitu:

    • Pengguna dengan Akun yang belum melakukan Upgrade Akun, hanya dapat melakukan pengisian saldo maksimal sebesar Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah); dan

    • Pengguna dengan Akun yang sudah melakukan Upgrade Akun, maka dapat melakukan pengisian saldo maksimal hingga sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

  • Dalam hal terjadi kendala atau kegagalan pembayaran yang disebabkan oleh kesalahan teknis, maka dapat melaporkan kendala tersebut dengan melampirkan bukti terkait kepada sooltanPay.

H. Saldo Pendapatan

  • Saldo Pendapatan dapat ditarik dengan nilai minimal sebesar Rp13.000,00 (tiga belas ribu rupiah) dan maksimal sebesar Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah).

  • Setiap penarikan Saldo Pendapatan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp3.000,00 (tiga ribu rupiah) dengan langsung mengurangi jumlah nilai yang diterima pada rekening Pengguna.

  • Dalam hal terjadi kendala atau kegagalan pembayaran yang disebabkan oleh kesalahan teknis, maka dapat melaporkan kendala tersebut dengan melampirkan bukti terkait kepada sooltanPay.

I. Larangan dan Batasan Tanggung Jawab

  • Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan data yang terkandung dalam sistem elektronik sooltanPay untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.

  • Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan menggunakan situs sooltanPay untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apapun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, “Sistem”).

  • Kegiatan yang dilarang termasuk mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.

  • sooltanPay dan TELKOM tidak bertanggungjawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik sooltanPay.

J. Pemblokiran Akun sooltanPay

Pengguna memahami bahwa setiap atau seluruh penggunaan sooltanPay dapat dilakukan pemblokiran baik secara sebagian dan/atau keseluruhan, sementara dan/atau permanen, dengan alasan seperti namun tidak terbatas:

  • Adanya permintaan dimana Pengguna dapat mengajukan pemblokiran sementara melalui call centersooltanPay apabila terjadi suatu indikasi penipuan atau fraud dalam Akun Pengguna.

  • Pengguna sepakat bahwa sooltanPay berdasarkan pertimbangannya berhak melakukan pemblokiran Akun jika Pengguna terbukti melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau terdapat indikasi bahwa Akun Pengguna tersebut patut diduga disalahgunakan, termasuk tapi tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat atau pihak lain dan/atau TELKOM.

  • sooltanPay berhak untuk memblokir Akun Pengguna apabila terbukti bahwa Produk Toko adalah termasuk barang-barang di bawah ini:

    Daftar Barang yang dilarang

    • Alat cetak pos

    • Alkohol

    • Artefak/ barang antik

    • Bagian/ Organ Manusia

    • Barang curian

    • Barang dengan label salah

    • Barang lain yang melanggar hukum Indonesia

    • Barang mistis

    • Barang yang berhubungan dengan kepolisian/ militer

    • Barang yang diembargo

    • Barang yang mengandung unsur SARA

    • Barang yang mudah meledak atau terbakar

    • Binatang peliharaan/liar

    • Buku, CD, DVD, software bajakan

    • Cetakan/ barang yang dapat mengganggu stabilitas nasional

    • Dokumen pemerintahan dan perjalanan

    • Dokumen resmi dan sertifikat

    • Gadget replika atau berasal dari BM

    • Ganja

    • Iklan

    • Jamur liar

    • Jasa, donasi, sewa, promo event

    • Kartu Kredit / Debit

    • Kontrak

    • Konverter katalis dan pipa uji

    • Kosmetika bekas

    • Mailing list / informasi pribadi

    • Makanan yang diklaim obat – obatan, makanan berbahaya

    • Mata uang

    • Memorabilia politik

    • Merk dagang

    • Mesin slot dan peralatan judi lainnya

    • Narkotika

    • Obat yang tidak terdaftar BPOM

    • Obat yang harus menggunakan resep dokter

    • Pembuka kunci dan perlengkapannya yang dapat menunjang perampokan/pencurian

    • Peralatan elektronik, komunikasi, pengacak dan pengintai nya

    • Perangko, materai, saham,  uang, mata uang palsu

    • Pestisida

    • Pornografi, sex toys dan barang lain yang sejenis

    • Produk susu non-pasteurisasi

    • Produk yang bukan produk asli dengan nama merek terdaftar, MLM

    • Rokok, produk tembakau, rokok elektronik

    • Senjata api, air soft gun dan sejenisnya beserta perlengkapannya

    • Tiket lotre

  • Pengguna dapat mengajukan permohonan pembukaan pemblokiran melalui call centersooltanPay apabila indikasi penipuan atau fraud Akun Pengguna dan alasan-alasan sebagaimana tersebut pada poin 1, 2, dan 3 di atas telah tersolusikan dengan terlebih dahulu dilakukan proses verifikasi data oleh sooltanPay.

K. Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum

  • Pengguna setuju bahwa Pengguna memanfaatkan sooltanPay atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan sooltanPay diberikan kepada Pengguna pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.

  • Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

    • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan sooltanPay;

    • Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan sooltanPay;

    • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;

    • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;

    • Perselisihan antar Pengguna;

    • Pencemaran nama baik pihak lain;

    • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apapun mengatasnamakan TELKOM maupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;

    • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan sooltanPay; Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan sooltanPay;

    • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan sooltanPay;

    • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna;

    • Force Majeure.

L. Kritik dan/atau Saran

  • Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan sooltanPay, maka Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan dengan melampirkan fotokopi identitas Pengguna:

    • Secara tertulis melalui: hello@sooltanpay.id dan Whatsapp +62 822 32 100 100

    • Langsung ke alamat lengkap: Menara Multimedia lt. 14, Jl. Kebon Sirih No. 12, Jakarta Pusat 10110

  • Dalam hal adanya penambahan dan/atau pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan kemudian melalui website www.sooltanpay.id.

  • sooltanPay akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data Pengguna yang tersimpan pada sistem sooltanPay. sooltanPay berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data yang tersimpan pada sistem sooltanPay.

  • sooltanPay akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Pengguna serta memberikan jawaban kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di sooltanPay setelah sooltanPay menerima keluhan/ pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.

M. Force Majeure

  • sooltanPay dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, pandemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.

  • Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, sooltanPay dan TELKOM berkewajiban untuk memberitahukan secara tertulis melalui email, website, dan/atau aplikasi kepada Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.

N. Penyelesaian Perselisihan

  • Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini secara musyawarah dan mufakat.

  • Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.

O. Hukum yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

P. Ketentuan Penutup

  • Anda mengakui dan menyetujui bahwa Kami dapat mengubah Syarat dan Ketentuan sooltanPay setiap saat dengan pemberitahuan terlebih dahulu, dengan menerbitkan Syarat dan Ketentuan sooltanPay yang diubah dan dinyatakan ulang di Situs sooltanPay, https://www.sooltanpay.id/syarat-dan-ketentuan-sooltanpay dan perubahan tersebut berlaku sejak tanggal diterbitkan di Situs sooltanPay. Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan sooltanPay beserta perubahannya dari waktu ke waktu. Jika Anda tidak menyetujui perubahan pada Syarat dan KetentuansooltanPay, Anda dapat berhenti menggunakan Layanan dengan ketentuan sebagaimana ditentukan dalam Kebijakan Privasi Bagian Penghapusan atau Pemusnahan.

  • Syarat dan Ketentuan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak sooltanPay pada tanggal 3 Oktober 2022.

Kebijakan dan Privasi

sooltanPay dan TELKOM menyadari bahwa informasi Pengguna bersifat rahasia dan pribadi, oleh karena itu, Kami berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data Pengguna sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

A. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi

  • Perolehan dan pengumpulan Data Pribadi yang dilakukan oleh sooltanPay dibatasi pada informasi yang relevan dan sesuai dengan tujuannya, yang meliputi:

    • Nama Lengkap;

    • No. Telepon;

    • Data EKTP;

    • Foto EKTP;

    • Foto Selfie dengan EKTP;

    • Alamat Rumah;

    • Nama Toko;

    • Foto Toko dengan Produk Jualan;

    • Alamat Toko;

    • Data rekening;

    • Data transaksi, Produk, Pelanggan;

  • Selain dari Data Pribadi yang dimaksud pada Bagian Perolehan dan pengumpulan Data Pribadi pada poin 1, sooltanPay dapat meminta Data Pribadi Lainnya di kemudian hari yang sesuai dengan kebutuhannya.

  • Dengan memberikan Data Pribadi sebagaimana Bagian Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi pada poin 1 pada saat melakukan registrasi pada situs, Pengguna berarti menyetujui pemberian data untuk digunakan oleh TELKOM menyelenggarakan Layanan sooltanPay.

  • Data Pribadi yang diberikan merupakan data Pengguna yang benar. Apabila Pengguna memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka sooltanPay berhak menolak permohonan pembuatan Akun sooltanPay dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan sooltanPay yang diberikan kepada Pengguna. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas data yang diberikan dan melepaskan TELKOM dari seluruh konsekuensi yang timbul.

B. Pengolahan dan Penganalisaan Data Pribadi

  • Pengolahan dan penganalisaan Data Pribadi hanya dilakukan dengan berdasarkan persetujuan pemilik data.

  • Pengolahan dan penganalisaan Data Pribadi dilakukan untuk mengoptimalkan layanan sooltanPay dan/atau pengembangan produk di masa yang akan datang yang meliputi namun tidak terbatas pada bagian payment akan diproses ke PTEN (Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional) Bank Indonesia untuk mendapatkan National Merchant ID (NMID) yang membutuhkan Data Pribadi dan Data Toko. 

C. Penyimpanan Data Pribadi

  • Data Pribadi yang disimpan dalam sooltanPay telah melalui proses verifikasi dan terenkripsi selama Layanan beroperasi.

  • Berdasarkan aturan Bank Indonesia seluruh Data Pribadi dan Data Toko wajib diserahkan dan disimpan ke PTEN (Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional) Bank Indonesia.

  • Apabila Layanan sooltanPay sudah tidak beroperasi, sooltanPay berhak menyimpan dan menggunakan Data Pribadi Pengguna dalam kurun waktu minimal 5 (lima) tahun.

  • sooltanPay menggunakan database dengan infrastruktur & server Pihak Ketiga (thirdparty), cloud, atau semacamnya untuk menampung perolehan dan pengumpulan Data Pribadi, serta menggunakan perangkat lunak yang diperoleh dengan cara yang legal.

D. Keamanan dan Privasi Data Pelanggan

  • Keamanan

    • sooltanPay menjaga tindakan teknis dan organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pengguna dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak sah, atau perusakan yang melanggar hukum.

    • Pengguna bertanggung jawab terhadap keamanan Data Pribadi yang digunakan untuk mengoperasikan Layanan termasuk di dalamnya password, kode OTP, atau kode keamanan (security code) lainnya untuk mencegah penyalahgunaan pihak lain.

  • Privasi
    Data Pribadi Pengguna akan digunakan hanya untuk keperluan penyelenggaraan Layanan sooltanPay dan tidak akan diserahkan, ditampilkan, diungkapkan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Pengguna, kecuali terdapat permintaan data dari Aparat Penegak Hukum atau Pejabat yang berwenang lainnya maupun karena diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan.

E. Penggunaan Data Pengguna

  • sooltanPay hanya akan menggunakan data Pengguna untuk dapat menghubungi Pengguna sewaktu-waktu jika diperlukan serta untuk kepentingan peningkatan Layanan.

  • sooltanPay tidak akan menggunakan data Pengguna atau memperoleh informasi darinya untuk keperluan iklan atau tujuan komersial lainnya tanpa persetujuan Pengguna.

F. Perbaikan dan Pembaruan Data Pribadi

Pengguna menyatakan bersedia dan menjamin untuk senantiasa memperbarui Data Pribadi melalui situs www.sooltanpay.club apabila ada perubahan data yang terkait dengan Pengguna.

G. Penampilan, Pengumuman, Transfer, Penyebarluasan, atau PengungkapansooltanPay

sooltanPay dengan ini menjamin bahwa hanya akan menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, menyebarluaskan, dan/atau membuka akses Data Pribadi dalam sistem berdasarkan keadaan seperti berikut:

  • Atas persetujuan Pengguna kecuali ditentukan lain oleh ketentuan perundang-undangan;

  • Telah dilakukan verifikasi keakuratan dan kesesuaian dengan tujuan perolehan dan pengumpulan Data Pribadi tersebut; dan

  • Untuk keperluan proses penegakan hukum, di mana penyelenggara sistem elektronik wajib memberikan Data Pribadi yang terdapat dalam sistem elektronik atau Data Pribadi yang dihasilkan oleh sistem elektronik atas permintaan yang sah dari aparat penegak hukum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

H. Penghapusan atau Pemusnahan

Pemusnahan Data Pribadi dalam sooltanPay hanya dapat dilakukan jika:

  • Telah melewati ketentuan jangka waktu penyimpanan Data Pribadi dalam sistem elektronik berdasarkan peraturan perundang-undangan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang secara khusus mengatur di masing-masing instansi pengawas dan pengatur sektor untuk itu; atau

  • Dengan mengesampingkan Bagian Penyimpanan Data Pribadi pada poin C.3 Kebijakan Privasi, Pengguna dapat mengajukan Permohonan Penghapusan Data Pribadi apabila Pengguna tidak lagi menggunakan Layanan sooltanPay.