Jika dilihat dari pertumbuhan UMKM yang kini semakin meningkat, memberikan kita harapan besar yang sedang dilakukan oleh para pengusaha pengusaha UMKM sukses dengan dedikasinya yang tinggi. Hal ini cukup menjadi semangat manis bagi kita yang ingin memulai merintis.
Selayaknya seorang perintis usaha pasti kita menginginkan usaha kita berjalan dengan lancar dan berlanjut hingga menjadi brand besar. Namun hal ini tidak akan berjalan jika tidak memiliki strategi pemasaran yang tepat. Maka dari itu, disarankan untuk semua pemilik UMKM untuk dapat selalu mengeluarkan ide ide kreatif dan inovatif yang dapat membantu maksimalnya pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan. Strategi Pemasaran bisnis memang dianggap menjadi core value dari sebuah usaha, lalu bagaimana cara menentukan strategi yang tepat untuk sebuah bisnis?
Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran itu sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk dan jasa yang ditawarkan kepada target pasar yang lebih luas. Dengan harap dengan strategi pemasaran ini dapat memberikan keuntungan yang berlimpah bagi usaha yang dijalankan.
Pengertian berikut seakan menuntut baik perusahaan maupun UMKM harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Maka, berikut Cara menentukan strategi pemasaran.
Unique Selling Point atau USP ini sangat penting dimiliki. Karena faktanya, produk yang unik dan menawarkan banyak manfaat akan lebih menarik perhatian pelanggan.
Setelah berhasil menentukan unique selling point produkmu, mari memetakan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) usahamu. Seperti dalam melakukan segmenting ini akan membantu kalian para pengusaha untuk membagi pelanggan menjadi beberapa kelompok. Kemudian, targeting akan membantu kalian menentukan siapa target utama usaha kalian. Tahap selanjutnya positioning akan membantu menentukan posisi produk agar dapat melihat seberapa jauh produk dapat memenuhi kebutuhan target pasar.
Penting bagi pengusaha untuk selalu up to date dengan berita terkini. Berbagai pemasaran bisa kita maksimalkan hanya lewat internet. Berikut hal yang dapat kalian lakukan
Service yang baik akan mendatangkan kesan yang baik bagi para pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah hal utama bagi keberlangsungan usaha. Apalagi bila kita mengingat pepatah bahwa “Pembeli adalah Raja”. Maka dari itu service yang diberikan harus selalu maksimal dan terbaik seperti memberikan kemudahan bagi pelanggan.
Kemudahan pelanggan harus selalu diutamakan, tidak perlu dengan hal yang besar cukup dengan memberikan pilihan pembayaran digital bagi pelanggan. Dijaman yang serba modern kini pelanggan lebih memilih untuk mengurangi penggunaan uang cash karena dinilai perpindahan uang cash dari tangan ke tangan ini mengandung banyak bakteri berbahaya. Sehingga jika pengusaha menawarkan pembayaran digital berupa QRIS in akan menjadi nilai plus untuk menciptakan kemudahan dan bagian tersebut dapat dikatakan strategi pemasaran.
Kini, pembuatan dan penggunaan QRIS sangat mudah, cukup daftarkan tokomu melalui registrasi dan upgrade akun di sooltanPay para pengusaha akan segera mendapatkan QRIS sooltanPay gratis yang telah terintegrasi oleh Bank Indonesia. Jika sudah memiliki QRIS, kalian dapat memasangkan QRIS sooltanPay di kasir tokomu. Unduh dan registrasi sekarang melalui Play Store atau klik disini bagi pengguna iOS.