Pentingnya Mengenal Segmentasi Pasar Bagi Pemilik Usaha!

Dipublish Pada
November 14, 2022
Pentingnya Mengenal Segmentasi Pasar Bagi Pemilik Usaha!

Sebagai pemilik usaha, ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesuksesan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenal segmentasi pasar usahanya. Segmentasi pasar sendiri merupakan strategi bisnis yang akan membantu pemilik usaha untuk menentukan konsumen yang tepat. Semakin kamu mengenal konsumenmu, maka produk yang kamu jual juga akan semakin tepat sasaran. Dengan mengenal dan mengoptimalisasikan usahamu sesuai dengan segmentasi pasar, kamu akan mengelompokkan produk yang dimiliki sesuai dengan kesamaan, kemiripan, minat serta kebutuhan pelanggan. Sehingga nantinya, produk yang kamu tawarkan akan dijual secara lebih terarah dan efisien. 

Berikut merupakan beberapa tahapan untuk menentukan segmentasi pasar yang bisa kamu lakukan:

  1. Tentukan target pasarnya

Kenali kebutuhan bisnis yang kamu punya, apakah membutuhkan new consumer (konsumen baru), focused consumer (konsumen berkelanjutan) atau supported consumer (kebutuhan supporting produk).

  1. Kenali masalah dan kebutuhan konsumen

Selanjutnya, kamu perlu meriset dan mencari tahu apa saja masalah dan kebutuhan calon konsumen, untuk  disesuaikan dengan produk yang akan kamu jual. Jika sudah  mendapatkan datanya, kamu dapat mengklasifikasikannya berdasarkan keinginan, kebutuhan dan juga masalah konsumen. Hal ini bisa menjadi acuan dalam membuat strategi bisnis dan evaluasi produk.

  1. Kenali perilaku konsumen

Pada tahap ini, kamu bisa memperhatikan bagaimana konsumen menggunakan produk, keadaan sebelum dan sesudah menggunakan produk, dan juga pola tren yang berkaitan dengan produk yang kamu jual.

  1. Olah dan analisis data

Langkah selanjutnya, olahlah semua data terkait konsumen yang telah diamati. Pada tahap ini kamu akan mengetahui peluang produk yang akan jual sesuai dengan tiap segmentasi yang telah dilakukan. Setelah itu, analisis data tersebut untuk menentukan strategi dan juga pemasarannya.

  1. Tentukan Strategi Pemasaran Produk

Setiap segmen pasti memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi sesuaikanlah strategi pemasaran produk berdasarkan segmentasi dan target pasar produkmu agar strategi yang sudah dibuat dapat tepat sasaran. 

Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan trend dan zaman seperti menyediakan sistem pembayaran digital menggunakan QRIS melalui aplikasi SooltanPay! Cukup dengan daftar dan upgrade akun di sooltanPay kamu bisa mendapatkan QRIS untuk usahamu dengan proses pembuatan QRIS 1x24 jam! Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi sooltanPay disini (https://play.google.com/store/apps/details?id=id.sooltanumkm.app) untuk pengguna Android atau disini (https://app.sooltanumkm.id) untuk pengguna IOS agar perencanaan usahmu semakin matang dan kamu bisa #JadiSooltanDalamSekejap!

✨
✨
✨

Siap Menjadi Sooltan?

Mulai langkahmu sekarang #SaatnyaJadiSooltan. Dapatkan kemudahan untuk mewujudkan usahamu secara digital.
Daftar Sekarang
Checklist
QRIS Gratis MDR 0%
Checklist
Upgrade Akun 1 Hari Jadi