Pentingnya Influencer Marketing untuk Usahamu!

Dipublish Pada
November 14, 2022
Pentingnya Influencer Marketing untuk Usahamu!

Promosi bisnis atau marketing pada era digital seperti sekarang terus menciptakan strategi-strategi baru yang lebih relevan dengan kemajuan teknologi. Contohnya, pemilik bisnis dituntut untuk bisa melakukan pemasaran secara online yang mana penerapannya bisa memanfaatkan internet untuk membuka peluang yang lebih besar lagi bagi bisnis yang sedang dijalani. 

Jika kamu menargetkan konsumen yang bersumber dari media sosial, menggunakan jasa influencer marketing atau KOL (Key Opinion Leader) layak untuk pertimbangkan, karena mereka adalah orang-orang yang memiliki pengaruh cukup besar di media sosial. Influencer sendiri merupakan seseorang yang memiliki media sosial dengan jumlah follower yang banyak. Keuntungan peran influencer mereka bisa menjadi trend setter untuk skala kecil maupun besar yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan sesuai target pasar yang ditentukan.

Tidak hanya selebritis, biasanya seorang influencer bisa berasal dari orang yang berprofesi sebagai blogger, youtuber, atau publik figur yang memiliki peran penting di kalangan tertentu. Secara umum, seorang influencer memiliki ribuan hingga jutaan pengikut (followers) di media sosial. 

Keuntungan Peran Influencer Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis

  1. Memperluas jangkauan pasar

Saat ini, jumlah pengguna media sosial aktif di Indonesia mencapai 150 juta jiwa, dengan rata-rata waktu akses hingga hampir 3,5 jam setiap hari! Jika pemasaran produk dilakukan menggunakan influencer melalui media sosial, blog atau YouTube tentu akan bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Terlebih lagi influencer memiliki pengikut yang aktif dalam interaksi, seperti saling memberi like maupun komentar. Interaksi inilah yang bisa membuat informasi produk kamu dapat dilihat, dibaca, dan diketahui oleh para pengikutnya. Dampak berikutnya, bisnis kamu akan dikenal oleh lebih banyak orang.

  1. Membangun kedekatan dengan konsumen

Suatu brand tentu perlu membangun kedekatan dengan konsumennya. Caranya, kamu dapat bekerja sama dengan influencer yang memiliki minat di bidang yang relevan dengan produk yang kamu miliki. Biasanya, sebagian besar mikro influencer cenderung menggunakan produk yang mereka minati terlebih dahulu sebelum merekomendasikannya kepada pengikut mereka. Bagi pengikut influencer tadi, hal ini jelas lebih menarik, karena memberikan kesan yang lebih nyata dan sudah ada buktinya. Dalam kondisi seperti itu, kedekatan konsumen dengan produk dapat dibangun lebih kuat.

  1. Cenderung mudah balik modal

Menggunakan influencer untuk mempromosikan produk adalah sebuah investasi bisnis. Untungnya, kemungkinan kamu mendapatkan return of investment (ROI) cukup besar. Faktanya, salah satu studi menyebutkan bahwa influencer bisa mencapai ROI 11 kali lebih besar dari iklan banner. Tentu saja, untuk mencapai hasil ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti sesuaikan dengan budget dan target market, pilih influencer memiliki reputasi yang baik, pilih influencer yang memiliki engagement yang tinggi, serta jangan lupa untuk menyiapkan kerjasama yang baik dan matang.

Itulah penjelasan singkat tentang pentingnya peran influencer dalam promosi bisnis. Peran influencer bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu Pengusaha Sooltan untuk mempromosikan bisnis yang kamu punya agar semakin dikenal banyak orang. Semoga informasinya membantu ya, jangan lupa gunakan juga SooltanPay agar usahamu semakin naik kelas!


✨
✨
✨

Siap Menjadi Sooltan?

Mulai langkahmu sekarang #SaatnyaJadiSooltan. Dapatkan kemudahan untuk mewujudkan usahamu secara digital.
Daftar Sekarang
Download di Play StroreBuka di IOS/Apple
Checklist
QRIS Gratis MDR 0%
Checklist
Upgrade Akun 1 Hari Jadi