Pemerintah Dukung UMKM Millenial dan Perempuan di Tahun 2022

Kategori
sooltanPay
Dipublish Pada
November 14, 2022
Pemerintah Dukung UMKM Millenial dan Perempuan di Tahun 2022

Memiliki bisnis sendiri memang menjadi impian banyak orang saat ini. Terlebih lagi bagi para millenial dan perempuan di Indonesia. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition, yang berjudul “2021 Asia Pacific Young Entrepreneurs Survey”, menunjukkan bahwa 72 persen Generasi Z dan Milenial di Asia Pasifik termasuk Indonesia bercita-cita untuk memiliki bisnis sendiri atau menjadi pengusaha. 

Para milenial melihat masa muda mereka sebagai suatu peluang, terutama dalam hal beradaptasi dengan teknologi dan memiliki ide-ide segar yang dapat diimplementasikan kepada bisnisnya. Begitu pula dengan perempuan. Merebaknya bisnis berbasis online membuka peluang baru untuk menciptakan usaha rumahan yang memudahkan mereka untuk mulai berbisnis.

Melihat tingginya antusiasme generasi milenial dan perempuan, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) akan fokus menargetkan segmen millennial dan perempuan pada rencana kerja 2022. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan perempuan, anak muda dan ekonomi hijau akan menjadi penggerak ekonomi ke depan. 

  1. 2022 sebagai tahun pemulihan transformatif

Teten Masduki menuturkan bahwa tahun 2022 merupakan tahun pemulihan transformatif. Tidak hanya tumbuh kembali seperti sebelum pandemi, namun tetapi sekaligus menyiapkan UMKM dan koperasi lebih siap menghadapi krisis ataupun perubahan lingkungan di masa yang akan datang.

  1. Kemenkop target digitalisasi 20 juta UMKM tahun depan

Target kedua pada pemulihan transformatif 2022, Kemenkop UKM mematok sedikitnya 30 persen dari total UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem digital atau sebanyak 20 juta UMKM.

  1. Target lain Kemenkop UKM tahun ini

Selain menargetkan milenial dan perempuan, Teten memaparkan enam target lain kementeriannya di tahun depan, yakni:

  • Kontribusi UMKM terhadap PDB sebesar 63 persen
  • Rasio Kewirausahaan Nasional sebesar 3,75 persen
  • Koperasi Modern sebanyak 150 unit
  • Kontribusi Ekspor UKM terhadap Ekspor Non Migas sebesar 15,8 persen
  • Rasio kredit perbankan di atas 20 persen
  • Usaha Mikro yang bertransformasi dari Informal ke formal di 2022 bertambah menjadi 5,5 juta UMKM.

Adanya dukungan pemerintah untuk UMKM tersebut diharapkan dapat membakar api semangat generasi milenial dan perempuan agar lebih semangat untuk memulai bisnis maupun menjalani bisnis yang sudah dibangun.

Sumber:  https://kemenkopukm.go.id/read/pemerintah-bidik-umkm-segmen-millennial-dan-perempuan-di-2022


✨
✨
✨

Siap Menjadi Sooltan?

Mulai langkahmu sekarang #SaatnyaJadiSooltan. Dapatkan kemudahan untuk mewujudkan usahamu secara digital.
Daftar Sekarang
Checklist
QRIS Gratis MDR 0%
Checklist
Upgrade Akun 1 Hari Jadi