Pakai Tips Ini, UMKM Bisa Cepat Naik Kelas!

Kategori
Tips Bisnis
Dipublish Pada
November 17, 2022
Pakai Tips Ini, UMKM Bisa Cepat Naik Kelas!

Halo Sobat Sooltan!

Seperti yang kita tahu, UMKM mampu memberikan peran penting dalam pergerakan perekonomian nasional, UMKM juga merupakan pencipta pasar baru dan sumber inovasi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Tetapi jika disadari, kendala yang dihadapi UMKM semakin luas dengan berbagai hambatan yang sebenarnya ada. Salah satu contohnya adalah perkembangkan teknologi yang terjadi saat ini, yang menyebabkan perilaku konsumen & lingkungan bisnis pun berubah. Tetapi jangan khawatir ya Sobat Sooltan… perubahan ini juga dapat kita pandang sebagai peluang jika kita mampu memanfaatkannya sebagai kekuatan loh.

Maka dari itu, mengingat peluang ini dan pentingnya peran UMKM sebagai penggerak perekonomian nasional, Presiden Joko Widodo menetapkan target untuk 30 juta pelaku UMKM beralih ke go digital di tahun 2024 loh Sobat Sooltan!

Digitalisasi UMKM telah menjadi sesuatu hal yang sudah tidak dapat dielakkan lagi sekaligus menjadi salah satu solusi untuk kita, para pelaku UMKM yang jumlahnya sangat besar di Indonesia. Peningkatan efisiensi produksi dan proses bisnis pun juga merupakan hal yang penting untuk UMKM agar semakin naik kelas, ini dikarenakan digitalisasi bukan hanya semata mata menggunakan teknologi untuk menggantikan tenaga kerja manusia, namun bagaimana caranya UMKM bisa menciptakan sistem yang lebih efisien dan terintegrasi dengan benar. 

Menuju upaya digitalisasi UMKM tentu menjadi suatu langkah yang tidak mudah begitu saja untuk diwujudkan. Makannya nih Minsool mau breakdown apa saja tips naik kelas untuk kita para UMKM:

  •  Melakukan Digitalisasi Keuangan: keuangan tidak luput dari sistem digitalisasi bahkan saat ini sudah ada sistem pembayaran digital yang jauh lebih praktis dan mudah digunakan dibandingkan uang fisik, biasanya pada toko offline UMKM masa kini, pembayaran digital bernama QRIS sudah tersedia di toko mereka. Tinggal tunjukan saja QRIS toko kita, pembayaran akan otomatis diterima melalui scan.
  • Melakukan Digitalisasi Laporan: selain digitalisasi keuangan, digitalisasi laporan juga hadir sebagai komplimen digitalisasi keuangan dan merupakan digitalisasi dari sisi pencatatannya, kita, para pelaku usaha saat ini bisa dengan mudah melihat detail riwayat penjualan jika menggunakan teknologi tertentu, sehingga posisi laporan keuangan usaha kita juga akan lebih akurat. Kita juga juga tidak perlu khawatir akan kehilangan data keuangan kita, karena semua data bisa disimpan dengan sistem.

Dari kedua tips berikut menunjukan, banyaknya kehadiran berbagai aplikasi kasir/ penyedia pembayaran digital yang muncul. Salah satunya adalah aplikasi kesayangan Minsool nih, yaitu Aplikasi sooltanPay! 

Banyak pelaku usaha seperti kita juga telah merasakan keuntungan melalui aplikasi pembayaran digital sooltanPay, saatnya giliran kamu untuk beralih ke go - digital bersama kami! Download aplikasi sooltanPay sekarang juga. Klik disini untuk pengguna andorid, atau klik disini untuk pengguna IOS. Mari kita #JadiSooltanDalamSekejap!

✨
✨
✨

Siap Menjadi Sooltan?

Mulai langkahmu sekarang #SaatnyaJadiSooltan. Dapatkan kemudahan untuk mewujudkan usahamu secara digital.
Daftar Sekarang
Checklist
QRIS Gratis MDR 0%
Checklist
Upgrade Akun 1 Hari Jadi