Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya identik dengan berpuasa tetapi bulan Ramadhan juga identik dengan banyaknya masyarakat yang membuka usaha dadakan. Mulai dari makanan hingga pakaian, dapat menjadi peluang bagi para pengusaha yang ingin meraup keuntungan, karena di bulan Ramadhan kebutuhan akan hal ini tersebut akan naik tingkat permintaannya.
Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk menaikan omset usahamu, bagi kamu yang sebelumnya sudah memiliki usaha. Karena permintaan yang tinggi, maka peluang naiknya omset akan semakin tinggi. Namun untuk meraih omset yang tinggi, tentunya kamu perlu strategi yang tepat. Berikut strategi bisnis untuk meningkatkan omset di kala Ramadhan yang bisa kamu lakukan:
Menciptakan suasana Ramadhan pada produk atau bisnis yang kamu miliki dapat memaksimalkan peluang bisnis yang akan kamu dapatkan. Misalnya, kamu bisa mengemas produk dengan warna bernuansa hijau atau diberi nuansa Ramadhan seperti bulan sabit atau lentera.
Kamu dapat memberikan promo khusus meskipun produk yang dimiliki tidak ada hubungannya dengan bulan Ramadhan. Misalnya, kamu memberikan promo jasa dengan menggunakan potongan harga melalui kode kupon spesial Ramadhan.
Jika kamu miliki produk yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, maka kamu akan lebih mudah untuk membuat promo. Misalnya dengan membuat paket Ramadhan dari beberapa produk. Sehingga semua produk sama-sama laku terjual apalagi dengan memberikan harga yang khusus. Selain itu, kamu juga bisa mencoba promo buy 1 get 1, free takjil, dan lain sebagainya.
Jangan lupa untuk menentukan jangka waktu yang sesuai, jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lambat. Kamu dapat menyiasatinya dengan mengganti promo setiap minggu, agar terkesan eksklusif dan calon konsumen segera melakukan transaksi pembelian karena takut ketinggalan promo.
Di bulan Ramadhan, beberapa kebiasaan akan berubah. Salah satunya adalah kebiasaan orang-orang dalam menggunakan smartphone mereka. Biasanya waktu yang paling aktif adalah ketika sore hari menjelang jam berbuka puasa atau saat sahur mendekati subuh. Nah, inilah waktu yang sangat tepat bagi kamu untuk membagikan konten-konten atau promosi di social media. Jika biasanya usahamu hanya melayani konsumen di jam kerja saja, maka kamu bisa menambahkan jam layanan ketika menjelang berbuka puasa atau sehabis sahur. Dengan begitu, semakin banyak orang akan melihat produkmu!
Di zaman serba digital seperti sekarang ini, social media sudah menjadi ujung tombak untuk memperkenalkan produk yang kamu miliki. Oleh karena itu, memaksimalkan penggunaan social media untuk kebutuhan marketing usahamu sangatlah penting. Kamu dapat menginformasikan semua hal terkait produk sampai promo yang sedang berjalan melalui social media. Jangan lupa juga untuk sesuaikan konten yang dibagikan dengan target pasarmu agar penggunaan social media semakin maksimal. Terakhir, pastikan selalu fast response ketika menanggapi pelanggan di social media agar pelangganmu merasa diperhatikan dan semakin loyal!
Di masa pandemi, kebanyakan orang akan enggan untuk membeli barang dengan langsung mendatangi toko. Sehingga, layanan pesan-antar dapat menjadi pilihan tepat agar pelanggan tetap dapat membeli tanpa harus datang langsung ke toko. Selain menjaga jarak dari banyak orang, layanan pesan antar juga menghemat waktu dan tenaga pembeli. Dengan itu, pembeli akan merasa dimudahkan dengan layanan yang kamu tawarkan!
Itulah beberapa strategi yang bisa kamu terapkan agar omset usahamu semakin meroket di kala ramadan. Untuk memaksimalkan usaha yang kamu miliki, kamu bisa juga loh menggunakan aplikasi sooltanPay yang menyediakan sistem pembayaran digital serta fitur produk toko agar pengelolaan bisnismu menjadi lebih mudah dan efisien.
Yuk, segera download aplikasinya untuk pengguna Android dan disini untuk pengguna IOS agar kamu bisa #JadiSooltanDalamSekejap!