Halo Pengusaha Sooltan!
Sebagai seller yang baik, kamu diwajibkan untuk mengetahui strategi apa saja yang kamu bisa lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan kamu! Karena, customer experience adalah salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis kamu loh Pengusaha Sooltan!
Berikut adalah 4 cara untuk meningkatkan Customer Experience
1. Pemasaran yang sederhana, namun bisa menarik pelanggan.
Saat melakukan transaksi jual beli online, adakalanya barang yang dipromosikan di foto memiliki perbedaan dengan barang asli yang sudah diterima pelanggan, ini, merupakan issue yang biasanya kita jumpai saat melihat feedback dari customer di review toko di beberapa marketplace. Maka itu, Catalogue dan visual produk sederhana yang tidak merubah warna/ bentuk produk kamu itu sangat penting loh untuk dilakukan.
2. Kejutan sebagai peningkat Customers Experience
Artinya, berikan kejutan yang di luar ekspektasi pelanggan dalam kesan yang positif sebanyak mungkin dan pertahankan hal tersebut namun tetap inovatif dan kreatif agar dapat memberikan experience yang baik. Ini bisa kita temui di beberapa toko online maupun offline, seperti halnya pemberian freebies terhadap pelanggan mereka yang sudah membeli produk. Packaging yang menarik dan rapi juga bisa memberi kesan baik terhadap pelanggan kamu.
3. Memberi emosi positif terhadap pelanggan.
Bagaimana kamu bisa memberikan emosi positif kepada para pelanggan setelah mereka menggunakan produk yang kamu berikan. Dari hal tersebut otomatis para pelanggan merasa kan experience yang baik setelah menggunakan produk kamu dan bisa lebih baik jika mereka menceritakan kepada orang lain terhadap kesan mereka terhadap bisnis yang yang kamu jalankan, sehingga ini menjadi sumber kehidupan pada sebuah merek, begitupun juga sebaliknya. Hubungan baik yang terjalin antara penjual dan pembeli yang saling memiliki ikatan aktif juga baik loh untuk tujuan kamu dalam meningkatkan customer experience.
4. Pembayaran praktis yang mempermudah pelanggan.
Sudah termasuk kewajiban dari penjual untuk selalu memberikan service yang maksimal dan efisien untuk pelanggannya. Seperti menyediakan pembayaran cashless pada toko offline kamu, ini sangat penting untuk meningkatkan customer experience di jaman yang sudah serba digital. Sudah umum bagi para pemilik toko offline/merchant untuk menyediakan pembayaran digital, contohnya adalah QRIS yang biasa kita temui di merchant masa kini. Penggunaan QRIS ini sangatlah praktis dikarenakan pelanggan dapat melakukan pembayaran dari berbagai alat transaksi elektronik yang mereka miliki.
(Bagi kamu yang belum menyediakan pembayaran digital tenang dulu nih! Jangan panik dulu…. Karena, sooltanPay memiliki salah satu fitur yaitu pembuatan QRIS untuk toko kamu yang pastinya mempermudah pelanggan melakukan pembayaran yang cepat dan praktis. Daftarkan tokomu secara gratis melalui playstore bagi pengguna Android atau link berikut bagi pengguna iOS)
Itu dia beberapa tips dari Minsool untuk kamu para pejuang UMKM!
Semoga bermanfaat ya!
“Putting the customer at the heart of the business means that every procedure, process & system keeps the customer in mind .” –Shep Hyken